Friday, May 29, 2015

Modifikasi Vios Standar Disulap Jadi Mobil Balap

SPORTKU.COM – Toyota Vios yang juga mempunyai saudara kembar yakni Toyota Limo, sering kali muncul imej sebagai kendaraan yang biasa dipergunakan untuk armada taksi. Hal tersebut, membuat gerah si pemilik mobil Vios, Rizkybas panggilan akrab yang mempunyai nama lengkap Rizky Basworo.
Rizky Basworo si pemilik, ternyata doyan memacu mobil tersebut dengan kecepatan tinggi. Karenanya ia langsung merombak penampilan Vios yang baru saja dimilikinya 9 bulan yang lalu menjadi mobil berspek Drag Race.
Saking cintanya terhadap Toyota Vios generasi pertama yang berkode chasis NCP-42 ini, ia merintis untuk ketiga kalinya karena terinspirasi dari kesuksesan Toyota Vios dan Toyota Limo terdahulu yang pernah dimilikinya pada tahun 2006 dan tahun 2011 lalu .
Perombakkan sederhana Toyota Vios dilakukan oleh Rizkybas. Satu set jeroan berkode 1NZ-FE original dari Toyota Vios tipe G lansiran tahun 2004 yang mempunyai tagline atau slogan “Speed Maker Fuel Maker” (bertenaga namun tetap irit) langsung dioprek ringan dengan alasan ingin memaksimalkan kemampuan dari komponen orisinilnya (stock engine).

Opsi yang dia lakukan hanya dengan mengganti saringan udara dengan bahan yang lebih baik sehingga volume udara yang masuk ke dalam throttle body lebih banyak namun masih menggunakan box filter udara orisinilnya, penggantian busi bertipe iridium, mengganti sistem exhaust dari mulai header sampai dengan muffler, hingga penggantian kopling/clutch merk exedy yang materialnya lebih baik namun didesain untuk harian.
Bagian yang paling banyak terkena jamah adalah bagian kaki-kaki, penggantian Shock Absorber Adjustable bermerk Koni yang mempunyai beberapa tingkatan kekerasan disandingkan dengan lowering spring merk Jamex, hingga bersepatukan velg asal matahari terbit, bermerk Enkei RPF1 original yang didesain khusus untuk event balap. Dikarenakan mempunyai bobot yang ringan dan kuat disandingkan dengan keempat ban buatan lokal Achilles 123 dilakoni punggawa Toyota Soluna Vios Club (TSVC) ini. Hasilnya traksi dan grip meningkat jauh lebih baik pada saat melakukan start di event Drag Races.

“Idenya bisa kencang, irit namun tetap nyaman untuk keluarga, demikian komentar pria 35 tahun ini. Dengan ubahan mesin dan kaki-kaki yang sederhana, Toyota Vios berkelir Silver ini sanggup mencatat waktu terbaik 16,721 detik pada Dragrace 402 meter Sirkuit Sentul yang diselenggarakan oleh D2 Achilles Corsa seri II, 16 September 2012 lalu.
Biaya minim yang dikeluarkan untuk mendongkrak tenaga mesin 1NZ-FE Stock Engine dan traksi masih di bawah dari angka 10 juta saja, lanjut Rizkybas.

SPESIFIKASI Toyota VIOS tipe G tahun 2004
Mesin :
1NZ-FE Stock Engine, Header 4-1 custom, Muffler Daytona, Busi Iridium, Air Filter Replacement.

Transmisi :
Exedy Clutch.

Kaki-kaki :
Velg Enkei RPF1 Original Japan, Ban Achilles 123, suspensi Shock Absorber Adjustable Koni, Lowering spring Jamex.

Eksterior :
Headlamp Vios 2004 smoke & HID 10000 Kelvin, Backlamp LED Esdepo, Bilion Air Tunnel, Stoplamp khas Civic JDM

Data Pribadi :
Nama : Rizky Basworo
Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 15 September 1977
Alamat : Cluster Sevilla Blok CD no.15 Rawa Buntu, BSDCity – Tangerang Selatan
Status : Menikah
Pekerjaan : Pegawai Swasta (karyawan Bank Danamon Indonesia)
Klub Otomotif : Toyota Soluna Vios Club
Jabatan : Ketua Umum


No comments:

Post a Comment